welcome in survival & adventur3

setelah teman-teman membaca isi dari blog ini di harapkan teman-teman suka sama petualangan dan bergabung di blog ini.

Jumat, 29 April 2011

memotivasi diri dari suatu kegagalan

my live is adventure

Memotivasi Diri dari Suatu Kegagalan
Anda belum bisa dikatakan gagal kalau belum memutuskan untuk berhenti berusaha. Dan adakalanya belum mencoba manusia sudah memvonis dirinya bahwa “saya tidak bisa” atau juga dengan mengatakan “itu bukan bidang saya”, ini artinya yang bersangkutan belum berupaya tapi sudah menetapkan dirinya bahwa saya tidak bisa (kasihan sekali yach…). Kelemahan manusia biasanya selalu memutuskan terlalu dini terhadap suatu kegagalan  dan langsung menyerah setelah mengalami kegagalan, dan tidak pernah mau mencoba lagi.
Padahal menurut pepatah kuno dari Cina bahwa: manusia akan mengalami suatu bentuk kegagalan yang besar dalam sekali hidupnya.Dan hal itu tidak akan terulang kembali.
Bahkan seorang Mantan Rektor Sam Ratulangi beliau seorang Prof bidang Psikologi mengatakan bahwa: manusia belum dapat dikatakan dewasa apabila sekali dalam hidupnya belum pernah mengalami depresi (anda boleh buktikan sendiri). Untuk itu saya akan menyampaikan tips yang dirangkum dari berbagai sumber mudah-mudahan dapat dijadikan motivasi bangkit kembali antara lain:
1. Jadi kalau gagal harus coba lagi, coba lagi terus sampai berhasil
2. Kita harus yakin bahwa masih ada hari esok (belum kiamat)
3. Kegagalan kita terima sebagai umpan balik untuk memfokuskan usaha kita berikutnya
4. Belajar meningkatkan selera humor sambil positive thingking : Untuk sukses memang harus berani menghadapi resiko, bilang nggak apa-apa sambil ketawain diri sendiri kalau kita tidak punya keberanian untuk mencoba lagi (orang Inggris bilang try, try, and try again)
5. Memandang kegagalan sebagai bagian dari pengalaman hidup agar kita bisa lebih arif dan bijak, bukan ketakutan yang menyebabkan kematian.
6. Kegagalan justru satu-satunya jalan mendekatkan diri pada keberhasilan jika kita tak menyerah dan berhenti. Ingat Thomas Alva Edison 99999 kali gagal, siapa bilang gagal itu kiamat ? kata Sidney Sheldon dalam Nothing Last Forever dan jangan lupa Never Give Up nya Wiston Churchill dengan semboyan Pantang Menyerah) seorang Jenderal dan PM yang memotivasi anak buahnya sangat tinggi dalam perang dunia II
7. Milikilah keyakinan, bahwa tantangan adalah suatu proses menuju kemenangan
8. Keberhasilan selalu memerlukan pengorbanan (Jawanya Jer basuki mawa beo Jer basuki mawa driyo semboyane Wong Jawa Timur ya opo rek)
9. Ingat, bahwa keberhasilan adalah juga pertemuan antara usaha manusia dengan belas kasih Tuhan, untuk itu jangan lupa sertakan Tuhan dalam setiap melangkah dalam mengarungi bahtera kehidupan ini.
10.Kembangkan terus tujuan anda, dan terapkan waktu pencapaiannya
11.Ucapkan Selamat Datang pada setiap masalah.
12.Biasakanlah bertanya, apabila anda mengalami sesuatu hal yang tidak anda ketahui serta memahami dan
jangan sok tahu)
13.Berlatih lebih keras atas kekurangan yang ada.
14. Last but not least pertebal rasa syukur atas apa yang kita terima dan berfokus dengan apa yang ada, akan membuat kita enjoy yang otomatis akan menumbuhkan motivasi diri.
Semoga ada manfaatnya dan songsonglah suatu keberhasilan……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar